Magang di Perusahaan Jepang

11:11 AM

Sudah lama tidak mempost di blog saya yang satu ini,,,

Iwanna tell u something, 2 minggu yang lalu setelah saya sidang proposal skripsi saya, saya mulai mengupdate CV saya, mengingat target kelulusan saya adalah 3,5 tahun ( Saya masuk kuliah pada akhir September 2012, it means saya harus bisa lulu pada awal tahun 2013) saya harus mengambil SKS Pelatihan Kerja Lapangan pada saat liburan, sehingga semester depan saya bisa berkonsentrasi pada skripsi saya. saya mendaftar ke beberapa perusahaan untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Magang/PKL pada beberapa perushaan yang saya minati.

Ada beberapa balasan dari perusahaan mulai dari yang menolak aka Kurang beruntung sampai menerima saya sebagai mahasiswa magang. Ada 2 perusahaan yang menerima saya sebagai mahasiswi magang yaitu 1. salah satu perusahaan publishing yang ada di jakarta bertempat di kemang saya di minta untuk membantu bagian marketing dari perusahaan tersebut , 2. perusahaan otomotive yang bertempat di Pulomas Jakarta Timur, dan saya di minta untuk membatu bagian PR (FYI, i lived in South Jakarta Pejaten)

Saat 2 tawaran itu muncul, saya harus memilih salah satu dari perusahaan tersebut, kedua perushaan ini memiliki tantangan masing-masing, dan jujur kedua bidang bisnis ini belum saya kenal sama sekali. Dengan berbagai pertimbangan, saya memilih perusahaan otomotive mengingat hal ini sangat menantang saya untuk dapat belajar sekaligus mendapatkan pengalaman sebagai salah satu PR di perushaan ini. Hari pertama saya harus standby di Kantor pukul 8 am. Dan saya harus bangun pukul 5 am untuk menghadapi kemacetan di jakarta.Pejaten-Pulomas akan menjadi rutinitas baru saya selama 3 bulan kedepan. (wish me luck) Perjalanan sendiri memakan waktu kurang lebih 1-2 jam sendiri (bila menggunakan Trans Jakarta).

Karena perusahaan yang saya tempati merupakan perusahaan Jepang, ON TIME dan MANNER sangat di perhatikan di perusahaan yang saaya tempati, kondisi lingkungan kerja di mana banyak orang jepang yang ada juga mendukung kami untuk menjaga Manner (terutama untuk mahasiswa yang sedang menjalani magang di sini), bahkan para ada Ujian Khusus Manner dimana bila sudah 3 kali gagal akan di pulangkan (isu yang beredar di lingkungan anak PKL). Yup Manner sangat penting di sini, sopan satun, tata bahasa serta cara berpakaian di prioritaskan terutama bila berada di depan orang-orang jepang dan atasan.


Untungnya saya merupakan orang yang menyukai negara yang terkanal dengan Gng Fujinya tersebut, sehingga saya sudah mendapatkan basic budaya mereka dan dapat menjadi modal awal dalam berperilaku di area kantor :)


over all, im really happy to get this opportunities, wish i can learn more about my division. wish me luck for till 3 moth later :)

You Might Also Like

3 comments

  1. Mba share donk cara2 permohonan surat magang di perusahaan! Langkah2nya gmna yak? Kalau untuk mahasiswi sistem informasi bgusx di divisi mana...

    BalasHapus
  2. ak, aku juga nargetin lulus 3.5 thn kayak kakak
    Kalo boleh tau nama perusahannya apa yah? Kalo ada e-mailnya mau banget
    Aku mau apply, Soalnya deket rumah jakarta timur dan peminatan PR.
    Bales ke e-mail aku jg gpp
    hyunworld23@yahoo.com
    Makasih bgt kalo mau sharing

    BalasHapus
  3. kak saya semester 6, saya rencananya mau magang di perusahaan jepang, apa boleh minta alamat email atau kontak perusahaan yang bisa di hubungi email saya : yustikasarilia@gmail.com

    BalasHapus

Quotes

#DIY

#DIY

#BONVOYAGEREMY

Subscribe